Jembatan Teluk Aomori Aktivitas Kencan Terbaik Bersama Pasangan

facebook jepang info twitter jepang info google plus jepang info

Deskripsi

Jembatan Teluk Aomori merupakan jembatan yang terhubung antara Teluk Aomori dan Pelabuhan Aomori. Seperti apakah jembatan ini? Yuk, disimak!

Jepang dapat dikunjungi sendiri, bersama keluarga, teman, atau bahkan bersama pasangan. Namun kunjungan bersama pasangan pastinya lebih mengesankan, atau harus dibuat lebih berkesan?

Apabila Anda sedang ingin, atau akan, atau bahkan sedang berada di Jepang, kemudian bimbang mencari tempat berkesan untuk dihabiskan bersama pasangan, dari sekian banyaknya tempat, Jembatan Teluk Aomori dapat dapat dijadikan salah satu tempat alternatif untuk mengabadikan momen berharga bersama pasangan.

Lokasi Jembatan Teluk Aomori

Jembatan Teluk Aomori.

Jembatan yang terletak di kota Aomori ini terhubung antara Teluk Aomori dan Pelabuhan Aomori.

Teluk Aomori merupakan sebuah teluk yang letaknya berada di sebelah utara dari pulau Honshu yang berada Jepang. Teluk ini merupakan sebuah teluk dalam yang terletak di sebelah barat dari semenanjung yaitu semenanjung Natsudomari, yang kemudian menonjol di tengah pantai bagian selatan dari Teluk Mutsu.

Teluk ini juga berbatasan dengan sebuah semenanjung, yaitu semenanjung Tsugaru yang terletak di bagian barat kemudian Pelabuhan Aomori yang terletak di bagian selatan. Teluk ini juga dipertimbangkan sebagai sebuah bagian dari Teluk Mutsu yang lebih besar ukurannya.

Sementara Pelabuhan Aomori sendiri merupakan pelabuhan  yang tenang, yang terletak di bagian terdalam dari Teluk Mutsu. Saat pergi menuju Teluk Mutsu, kemudian memandangi semenanjung Shimokita dan semenanjung Tsugaru yang terletak di kedua sisi dari teluk, di depan terlihat gunung Hakkoda yang terkenal tinggi menjulang.

Dengan dikombinasikan garis besar bangunan kemudian taman yang juga berada di sekitar area, area teluk ini tentunya menciptakan sebuah pemandangan yang sangat mengesankan bagi diri.

Jembatan Teluk Aomori (Aomori Bay Bridge)

Jembatan Teluk Aomori atau Aomori Bei Burijjii merupakan sebuah cable-stayed bridge atau jembatan kabel pancang, yang terhubung antara Teluk Aomori dan Pelabuhan Aomori, di kota Aomori, perfektur Aomori, Jepang.

Jembatan kabel pancang merupakan sebuah jembatan yang terdiri dari satu atau beberapa menara atau tiang sekaligus, dengan kabel-kabel pendukung dek jembatan tersebut. Terdapat dua jenis desain dari jembatan kabel pancang, yaitu Harp Design dan Fan Design. Dan jembatan ini tergolong sebagai jembatan kabel pancang jenis Harp Design.

Dalam desain Harp Design, kabel yang dibuat hampir selalu paralel, kabel-kabel ini dipasang ke titik-titik di sepanjang menara, sehingga ketinggian keterikatan dari masing-masing kabel terhadap menara ini, mirip dengan jarak dari kabel menuju titik-titik di sepanjang menara, dan hal ini dilakukan di sepanjang jalan jembatan hingga keterikatan yang lebih rendah antara jalan jembatan dengan titik-titik di menara.

Struktur jembatan kabel pancang atau cable stayed bridge tengah menjadi trend di tahun 2020 di berbagai negara di belahan dunia. Hal ini dikarenakan jembatan model ini alias cable stayed bridge memiliki model atau style yang terlihat sangat modern.

Fakta yang satu ini seolah mendukung Jembatan Teluk Aomori ini sebagai jembatan yang populer sebagai tempat untuk berkencan, bukan hanya karena pemandangan malam hari di sekitar jembatan yang indah saja.

Detail Jembatan Teluk Aomori

Proyek mengenai jembatan ini dibuat pada tahun 1982 dengan nama proyek Aomori Port Improvement Project. Kemudian konstruksi jembatan pun dimulai pada tahun 1985.

Tahun 1992, tepatnya pada bulan Juli, untuk sementara waktu dua jalur jembatan dibuka untuk lalu lintas. Proyek jembatan ini juga menerima penghargaan Doboku Gakai Tanaka yang diberikan oleh institusi Japan Society of Civil Engineers untuk sebuah proyek konstruksi jembatan yang sangat luar biasa. Kemudian pada bulan Juli tahun 1994, ke empat jalur jembatan alias keseluruhannya dibuka untuk lalu lintas.

Hingga sekarang, jembatan ini merupakan bagian dari sistem lalu lintas penting di perfektur Aomori, terhubung antara Teluk Aomori dan pelabuhannya.

Desain Jembatan Teluk Aomori

Jembatan ini merupakan jembatan terpanjang ke dua di kota Aomori dengan panjang 1.219 meter, setelah Hachinohe Ohashi Bridge yang memiliki panjang 1.323,7 meter.

Pada jembatan ini, terdapat penekanan pada nilai estetika jembatan. Contoh penekanan  adalah penghiasan huruf A untuk Aomori di beragam tempat yang ada di jembatan seperti dasar jembatan, kemudian bentuk kabel-kabel gantung jembatan (suspension cables).

Penggunaan huruf A berlanjut dari bangunan Aomori Prefecture Sightseeing Products terdekat, atau biasa disingkat dengan ASPAM. Bangunan ini berbentuk segitiga, sehingga terlihat seperti huruf awal A yang berarti untuk Aomori.

Selain itu jembatan ini merupakan jembatan kabel pancang atau cable stayed bridge yang memiliki model atau style yang terlihat sangat modern, seperti yang telah dipaparkan sebelumnya.

Namun, mengenai keamanan jembatan, tidak perlu diragukan lagi keamanannya, menara-menara utama dari jembatan ini terbuat dari beton bermutu tinggi.

Pengembangan Jembatan

Pengembangan jembatan ini telah dilakukan sejak tahun 2002. Di tahun 2002, proyek untuk meningkatkan ketahanan pada gempa sekaligus untuk memasang sebuah sistem penghilang lapisan es, dimulai.

Kemudian diikuti dengan pada tahun 2004 sistem penghilang lapisan es ini mulai digunakan pada bagian tertentu dan hal ini berlanjut pada tahun 2006. Selain itu juga terdapat sebuah rencana untuk meletakkan pipa sirkulasi air laut di bawah permukaan jalan untuk mencairkan es. Hanya satu seksi yang berhasil dipasang, entah kapan bagian lain akan diselesaikan. Yang jelas, sejak dipasangnya sistem tersebut angka kecelakaan lalu lintas  menurun drastis.

View Jembatan Teluk Aomori

Pemandangan jembatan ini sangatlah indah, terutama saat terkena cahaya matahari di sore hari. Pemandangan malam harinya pun tidak kalah menarik, jembatan ini diterangi lampu-lampu yang menciptakan suasana magis sekaligus romantis. Hal ini membuat jembatan ini menjadi sangat populer sekaligus menjadi tempat yang sangat tepat untuk berkencan dengan pasangan.

Pemandangan jembatan ini juga terlihat dari stasiun Aomori dan merupakan tempat yang tepat bagi Anda dan pasangan yang menyukai suasana laut.

Jadi, Apa Rencananya?

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, pemandangan jembatan ini sangat memukau di sore hari hingga malam hari. Di sore hari diterangi oleh matahari, sementara malam hari diterangi oleh lampu-lampu jembatan yang menciptakan suasana magis yang romantis.

Lalu, hal-hal romantis apa yang bisa dilakukan di sekitar jembatan ini?

Seperti yang telah diketahui, jembatan ini terhubung antara Teluk Aomori dan Pelabuhan Aomori, di sekitar tempat-tempat tersebut tentunya terdapat tempat-tempat menarik yang dapat dipergunakan sebagai tempat untuk berkencan Anda.

Ayo, manfaatkan tempat-tempat tersebut!

Makan Sushi, Yuk!

Anda bersama dengan pasangan Anda dapat menikmati sushi yang lezat yang dibuat dengan seafood berlimpah khas Aomori. Hidangan rice bowl Nokke-don juga sangatlah populer di Furukawa Market, tempat ini penuh sekali dengan energi dimana Anda juga dapat merasakan nostalgia dengan periode Showa Jepang. Untuk mendapatkan Nokke-don ini Anda dapat mengaksesnya hanya dengan berjalan kaki selama lima belas menit dari pelabuhan.

Pergi ke Aomori Prefectural Center for Tourism and Industry, ASPAM

Bangunan mencolok yang dapat terlihat dari area teluk adalah bangunan Aomori Prefectural Center for Tourism and Industry, atau biasa disingkat ASPAM. Bangunan ASPAM ini bertingkat lima belas, berbentuk piramida, memiliki ketinggian 76 meter. Tempat ini merupakan sumber informasi bagi pariwisata sekaligus produk Aomori.

Anda dapat mengajak pasangan Anda menonton teater  3D digital 360o terbesar di Jepang yang menampilkan empat musim di perfektur Aomori, kemudian ke dek observasi yang terdapat di gedung ini dan dilanjutkan dengan pergi ke restoran yang menyajikan hidangan lokal sekaligus pemandangan yang sangat indah. Anda bersama pasangan juga dapat menonton pertunjukan shamisen Tsugaru yang diadakan dua kali sehari. Tempat ini bisa dijangkau hanya dengan lima menit berjalan kaki dari pelabuhan.

Melakukan Wisata Budaya Bersama

Anda dan pasangan juga dapat melakukan wisata budaya bersama di Nebuta Museum Wa Rasse, tempat ini menampilkan sebuah pameran berputar dari empat kendaraan hias Nebuta dari festival musim panas Aomori Nebuta Matsuri yang paling terbaru, disamping media-media yang berkaitan dengan festival tersebut.

Berbelanja lagi di A Factory!

Anda bersama pasangan dapat berbelanja produk-produk lokal seperti permen, barang olahan, kemudian sayur-sayuran segar, juga buah-buahan. Anda dan pasangan pun dapat menikmati sari buah (cidre) sekaligus jus yang berasal dari apel yang ditanam langsung di Aomori. Seperti yang diketahui bersama, buah apel merupakan buah yang identik dengan Aomori.  Jadi, tetap sehat dan bahagia selama berkencan!

Selain melakukan  hal-hal seperti yang dilakukan di atas, Anda juga dapat memanfaatkan jembatan khusus untuk pejalan kaki yang terdapat di bawah Aomori Bay Bridge hanya untuk sekedar bercengkerama sembari berpegangan tangan dengan pasangan Anda. Jembatan ini, Jembatan Loveridge dapat dikatakan merupakan jembatan khusus untuk mengekspresikan cinta terhadap pasangan.

Demikian informasi mengenai Jembatan Teluk Aomori beserta informasi-informasi bermanfaat lainnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Terima kasih!


Lokasi



Bridges
open closed : -
fee : -
Adress Aomori, Jepang
Phone Phone: 017-734-4101 (Administr