Fukuoka Art Museum, Museum Seni dengan Keaneka Ragaman Koleksi

facebook jepang info twitter jepang info google plus jepang info

Deskripsi

Fukuoka Art Museum memiliki beragam koleksi. Museum seni ini memiliki nilai positif di mata masyarakat dan sangat perhatian dengan setiap karya seni yang dimiliki.

Fukuoka, selain memiliki Fukuoka Asian Art Museum, juga memiliki Fukuoka Art Museum. Museum seni yang satu ini terletak di Chuo-ku, kota Fukuoka, Perfektur Fukuoka, Jepang. Meskipun sama-sama merupakan museum seni, Fukuoka Art Museum memiliki perbedaan dengan Fukuoka Asian Art Museum yang berfokus pada seni kontemporer Asia.

Seperti apakah Fukuoka Art Museum tersebut?

Yuk, disimak liputannya!

Fukuoka Art Museum

Fukuoka Art Museum yang terletak di Chuo-ku, kota Fukuoka, Perfektur Fukuoka, Jepang, merupakan salah satu museum seni yang terdapat di kota Fukuoka. Museum seni yang satu ini, sejak pertama kali dibuka pada bulan November 1979, telah mengumpulkan sekaligus melestarikan sekitar enam belas ribu karya seni. Adapun koleksi dari museum seni ini diantaranya seperti peralatan teh, termasuk Important Cultural Properties, kemudian Buddhist Art atau Seni Buddha, karya seni oleh pelukis modern yang berasal dari Kyushu, dan seniman-seniman abad ke dua puluh seperti Joan Miro, kemudian Salvado Dali, dan Andy Warhol. Seni kontemporer juga menjadi koleksi dari museum seni ini, meskipun tidak seperti Fukuoka Asian Art Museum yang berfokus pada seni kontemporer Asia.

Museum seni ini terletak dekat dengan area pusat kota di Taman Ohori atau Ohori Koen. Museum seni ini dikelilingi oleh tanaman-tanaman hijau yang melimpah dengan sebuah kolam yang sangat tenang. Museum seni ini mendapat respon yang sangat positif dari penduduk kota sekaligus pengunjung, sebagai oasis perkotaan kemudian juga sekaligus sebagai pusat sejarah, kemudian budaya dan wisata, bersama dengan Reruntuhan Kastil Fukuoka dan Museum Sejarah Korokan.

Sebagai gantinya, museum seni ini secara positif terlibat dalam menyelenggarakan pameran. Pameran yang diadakan oleh museum seni ini dengan berdasarkan pada konsep-konsep yang beragam dengan karya-karya dari koleksi museum seni ini sebagai intinya. Museum seni ini juga menawarkan warga kota berupa peluang sekaligus tempat untuk berbagai kegiatan seni, serta program-program pendidikan untuk semua generasi dari anak-anak hingga manula yang menyampaikan kegembiraan-kegembiraan hidup dengan seni.

Koleksi-Koleksi Fukuoka Art Museum

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, pameran yang diadakan oleh museum seni ini dengan berdasarkan pada konsep-konsep yang beragam dengan karya-karya dari koleksi museum seni ini sebagai intinya.

Adapun koleksi-koleksi dari museum seni ini terdiri dari seni modern dan kontemporer dan seni pra-modern. Seni modern dan kontemporer merupakan yaitu suatu seni yang diciptakan pada abad ke dua puluh atau lebih baru lagi, sementara seni pra-modern sendiri merupakan suatu seni yang diciptakan pada abad ke sembilan belas atau sebelumnya. Koleksi museum seni ini sangatlah beragam, baik secara historis maupun geografis. Secara historis koleksi museum ini dimulai dari sekitar tahun lima ribu sebelum masehi hingga tahun dua ribu. Kemudian secara geografis koleksi museum seni ini juga termasuk seni Jepang, kemudian negara-negara Asia lainnya, yang diikuti dengan seni dari Barat. Kemudian dalam hal media, koleksi museum seni ini meliputi lukisan-lukisan, kemudian patung dan film, serta layar lipat, disusul dengan keramik, juga tekstil. Keragaman koleksi ini merupakan fitur yang paling menonjol dari koleksi museum ini.

Selain itu juga terdapat Gifted Collections di museum seni ini, yaitu koleksi yang merupakan hadiah atau hasil donasi, seperti Buddhist Art from Tokoin Temple, Kuroda Family Treasures, Matsunaga Collection, Ishimura Collection, Moriyama Collection, dan masih banyak lagi.

Conservation For Future

Tidak hanya memiliki keragaman koleksi, museum seni ini juga sangat memperhatikan setiap koleksi yang dimiliki olehnya. Museum seni ini selalu melakukan konservasi terhadap setiap koleksinya.

Apa yang dimaksud dengan konservasi tersebut?

Konservasi merupakan suatu upaya pemeliharaan karya seni dalam kondisi yang sesuai, sehingga karya seni tersebut dapat menghubungkan masa lalu dan masa depan. Di masa lalu, definisi konservasi dari suatu karya seni pada dasarnya merupakan suatu upaya untuk memulihkan karya yang telah rusak sehingga dapat berada sedekat mungkin dengan keadaannya yang semula. Namun, setelah pertengahan abad ke dua puluh, fokus dari konservasi berangsur-angsur berubah. Fokus tersebut menjadi mempertahankan status quo atau status yang ada sekarang dibandingkan secara proaktif mengintervensi langsung karya seni. Dan hari ini, mainstream approach disebut dengan konservasi preventif, yang memiliki arti melestarikan karya seni dengan cara mengatur lingkungan konservasinya demi mencegah timbulnya masalah sebelum masalah tersebut terjadi.

Adapun tugas yang di-handle oleh Fukuoka Art Museum adalah konservasi preventif dan proses restorasi, dengan sebagian besar pekerjaan museum seni ini terdiri dari konservasi preventif. Dalam istilah yang lebih khusus lagi, ini memiliki arti berupa pengaturan harian faktor-faktor lingkungan seperti suhu dan kelembaban, kemudian polusi udara, disusul dengan cahaya dan kerusakan biologis, serta pencegahan pencurian dan kerusakan akibat bencana, dan masih banyak lagi. Museum seni ini melakukan tugas-tugas tersebut se-akurat mungkin, demi menghindari adanya kerusakan pekerjaan. Selain itu, pemulihan secara efektif juga harus dilakukan oleh museum seni ini jika kerusakan tak terduga mempengaruhi koleksi museum seni ini.

Terkadang museum seni ini juga melakukan perbaikan darurat yang sesuai. Ketika pekerjaan membutuhkan perawatan yang penuh, museum seni ini kemudian berkonsultasi sekaligus menyewa ahli konservatori profesional di berbagai bidang yang berlokasi di seluruh negara Jepang. Dalam seluruh kasus juga, pihak museum seni ini juga menentukan terlebih dahulu cara memperbaiki suatu pekerjaan, kemudian memutuskan pendekatan yang terbaik dengan tegas, dan secara tegas pula mematuhi prosedur-prosedur untuk mengawasi proses restorasi dari bagian tersebut.

Untuk melestarikan karya seni untuk generasi berikutnya, seluruh anggota museum juga bekerja sama, dengan menggunakan perspektif jangka panjang, sekaligus melakukan segala upaya untuk memelihara karya seni dengan baik dari hari ke hari.

Jadi, selain memiliki keragaman koleksi, seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, museum seni ini juga sangat perhatian sekali dengan karya-karya seni yang menjadi koleksinya.

Hal-Hal Lain yang Dilakukan oleh Fukuoka Art Museum

Museum seni ini pun memiliki misi yang diembannya, yaitu sebagai sebuah tempat dimana orang-orang saling berinteraksi satu sama lain melalui seni dan menciptakan masa depan yang indah bersama-sama.

Untuk mendukung misi tersebut, museum seni ini melakukan banyak hal, seperti mengadakan pameran sekaligus menyelenggarakan program pendidikan yang dapat membuka perspektif baru. Museum seni ini juga memanfaatkan koleksi yang beragam mulai dari bahan arkeologi kuno hingga karya seni kontemporer.

Kegiatan seni juga sangat didukung oleh museum seni ini. Museum ini juga berkontribusi pada vitalisasi dunia seni, sembari menyediakan ruang yang akan dipergunakan untuk mempresentasikan hasil usaha kreatif. Penyelenggaraan beragam program budaya, yang dipergunakan untuk menciptakan peluang-peluang baru bagi orang-orang untuk merasakan indahnya seni, juga dilakukan. Lingkungan yang dapat dinikmati pengunjung, dengan beragam latar belakang, dengan rasa aman dan tenang, juga ditawarkan.

Ada banyak hal lainnya juga yang dilakukan oleh museum seni ini, seperti mengumpulkan materi, kemudian informasi sekaligus pengalaman yang berkaitan dengan seni, kemudian memamerkan, berbagi sekaligus memungkinkan orang-orang untuk memanfaatkan materi, informasi, sekaligus pengalaman yang berkaitan dengan seni tersebut. Tinjauan kegiatan juga selalu dilakukan. Museum seni ini pada intinya tumbuh bersama seluruh pemangku kepentingan dengan pandangan yang selalu tertuju pada masa depan.

Selain melakukan hal-hal seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, museum seni ini juga melakukan banyak hal lainnya, lho! Pada intinya, ada banyak sekali hal-hal yang dilakukan oleh museum seni yang satu ini, yang membuat museum seni ini layak sekali untuk mendapatkan nilai positif dari banyak orang, baik itu dari warga kota maupun pengunjung museum ini, darimana pun mereka berasal, dan bahkan termasuk Anda juga!

Tertarik untuk Mengunjungi Museum Seni yang Satu Ini?

Apabila Anda tertarik untuk mengunjungi museum seni yang satu ini, Anda dapat langsung mengunjunginya di 1-6 Ohori Koen, Chuo-ku, Fukuoka, Perfektur Fukuoka, Jepang. Anda dapat mengakses museum seni yang satu ini dengan menggunakan Fukuoka City Subway maupun Nishitetsu Bus.

Adapun biaya yang dikeluarkan untuk masuk ke museum seni ini adalah dua ratus yen untuk orang dewasa, kemudian 150 yen untuk High School dan University Students, dan gratis untuk Junior High School Student maupun anak-anak yang lebih kecil di bawahnya.

Demikian informasi mengenai Fukuoka Art Museum. Museum seni yang satu ini layak sekali untuk Anda kunjungi. Dikarenakan museum ini telah melakukan banyak hal yang membuat museum seni ini layak sekali untuk mendapatkan nilai positif. Selain itu museum ini juga memiliki keaneka ragaman koleksi dan sangat perhatian sekali dengan setiap karya-karya seni yang menjadi koleksinya. Tentunya ini merupakan sebuah nilai plus! Semoga informasi mengenai museum seni yang satu ini dapat menambah wawasan sekaligus pengetahuan untuk Anda dan jangan lupakan juga akses terus website jepanginfo.co.id!

Terima kasih!


Lokasi



Museums
open closed : Closed: Mondays (if the Monday is a national holiday, the following weekday), New Years holidays'
fee : Admission Fee: 200 yen (permanent exhibition)
Adress Address: 1-6 Ohori-koen, Chuo-ku, Fukuoka-shi, Fukuoka
Phone -