Kin-In Park, Taman Ditemukannya Segel Emas Raja Na

facebook jepang info twitter jepang info google plus jepang info

Deskripsi

Terdapat suatu taman tempat memperingati ditemukannya sebuah penemuan hebat berupa segel emas seorang raja di masa lampau. Taman tersebut adalah Kin-In Park tempat dimana sebuah penemuan hebat ditemukan dan tempat ditemukannya penemuan hebat tersebut dikembangkan menjadi sebuah taman untuk memperingati penemuan hebat tersebut. Taman yang satu ini terletak di pulau Shikanoshima, Perfektur Fukuoka.

Seperti apakah taman tersebut sebenarnya?

Yuk, disimak liputannya!

Kin-In (Golden Block Seal) Park

Kin-In (Golden Block Seal) Park merupakan sebuah taman dimana seorang petani bernama Jinbei menemukan, di bawah sebuah batu besar, segel emas atau Kin-In. Segel emas ini bukanlah segel emas biasa. Segel emas ini merupakan segel emas milik Raja Na. Hal ini dituliskan dalam karakter China, King of the State Na of the Vassal of Han Dynasty, yang memiliki arti Raja Negara Na dari Vassal Dinasti Han. Segel emas ini kemudian menjadi harta nasional dan ditampilkan di Fukuoka City Museum. Kemudian tempat dari penemuan segel emas ini dijadikan suatu taman untuk memperingati penemuan segel emas tersebut dan dinamai dengan nama Kin-In (Golden Block Seal) Park.  

Lalu bagaimanakah sejarah berdirinya taman ini? Lalu seperti apakah taman tempat ditemukannya segel emas ini?

Yuk, disimak liputannya!

Sejarah Berdirinya Kin-In (Golden Block Seal) Park

Gagasan mengenai harta nasional, berasal sekitar waktu yang sama dengan adanya gagasan dari lagu kebangsaan. Kedua hal ini merupakan hal yang sangat khas, dari jenis romantisme nasionalisme yang terjadi pada akhir abad ke delapan belas dan ke sembilan belas.

Sejak saat itu, banyak negara membuat daftar harta nasional dari negara mereka. Di masa ini, ribuan barang berharga tersebut dapat dilihat di seluruh dunia. Beberapa item atau artefak, dianggap sebagai aset budaya bersama. Item atau artefak yang lain mungkin membawa nilai moneter yang nilainya sangatlah luar biasa. Seringkali, item-item atau artefak tersebut adalah artefak budaya langka.

Negara Timur yang jauh, yakni Jepang, memiliki sekitar 46 item atau set barang yang merupakan harta nasional. Banyak diantaranya berasal dari periode kuno atau feudal Jepang. Item-item atau set barang ini di simpan di berbagai kuil, kemudian universitas, atau museum, dan satu item yang sangat istimewa dari 46 item dapat dilihat sebagai bagian dari koleksi Fukuoka City Museum yang terletak di Perfektur Fukuoka. Item yang sangat istimewa ini adalah Kin-In atau segel emas Raja Na.

Segel emas padat ini ditemukan pada tahun 1784 di pulau Shikanoshima di Perfektur Fukuoka. Namun, sebelum ditemukan pada tahun 1784, terdapat kisah lain sebelumnya untuk sampai pada kisah saat segel emas ini ditemukan.

Dikirimkan ke Jepang Sebagai Hadiah

Diperkirakan Kin-In atau segel emas ini dilemparkan di China. Setelah itu dikirimkan ke Jepang. Dikirimkan ke Jepang ini dengan tujuan sebagai sebuah hadiah yang terhormat oleh Kaisar Guangwu yang berasal dari Han, China, saat melakukan kunjungan diplomatik ke negara pulau tersebut. Hal ini terjadi pada tahun 57 Masehi.

Lima karakter China tertanam dalam segel emas unik yang satu ini. Mempelajari segel emas yang unik ini telah membantu sejarawan dapat mengidentifikasi segel emas tersebut sebagai segel emas Raja Na. Raja ini memerintah Negara Wa, yang merupakan Negara bawahan dari Dinasti Han, Jepang. Seperti yang disarankan oleh kronikel China kuno, segel emas tersebut telah mengikuti pola yang digunakan oleh segel batu giok China. Namun yang membuat segel emas yang satu ini benar-benar begitu istimewa adalah segel ini terbuat dari emas.

Ditemukan Petani Periode Edo

Pada tahun yang sama, Raja Na telah mengirim utusannya ke ibukota China. Hal ini dilakukan untuk mengembalikan akta terhormat. Mengembalikan akta terhormat ini sekaligus dengan menawarkan upeti sekaligus salam resmi untuk Tahun Baru. Negara bawahan, yang telah berkembang di distrik Fukuoka, tidak ada lagi di beberapa titik. Hal ini terjadi selama abad ke tiga Masehi. Segel emas tersebut pun dengan cepat menjadi menghilang dan dengan cepat pula menjadi terlupakan.

Segel emas ini ditemukan kembali sekitar 1.500 tahun kemudian. Dan hal ini menjadi salah satu episode paling mencolok dari seluruh bagian sejarah ditemukannya segel emas yang satu ini.

Segel emas ini ditemukan oleh seorang petani periode zaman Edo. Petani zaman Edo tersebut bernama Jinbei dan segel emas ini ditemukan pada tanggal 12 April 1784. Hal ini terjadi ketika petani zaman Edo ini mencoba memperbaiki parit irigasi di Pulau Shikanoshima. Menurut kabar, segel tersebut pada saat ditemukan dikelilingi oleh batu-batu yang diatur dalam struktur berbentuk seperti kotak. Batu yang terletak diatas segel, yang volumenya cukup berat, membutuhkan dua orang dewasa untuk mengangkatnya.

Penemuan segel emas ini sangatlah penting. Hal ini dikarenakan sangat membantu mengakui sekaligus memverifikasi keberadaan Nankoku atau keadaan bawahan, yang sebelumnya hanya diketahui oleh sebuah kronikel kuno. Terukir di atas sebuah materai, dapat dibaca sebuah karakter China, yaitu Kan no Wa no Na-no-Koku-o. Kata-kata ini diterjemahkan menjadi: Segel Raja Bagian Na dari Wa dari Dinasti Han.

Segera setelah ditemukan kembali, segel emas tersebut disimpan oleh Klan Kuroda. Klan tersebut pada saat itu memegang otoritas sekaligus kekuasaan atas Distrik Fukuoka. Namun pada akhirnya keluarga tersebut pada tahun 1978  menyumbangkan segel emas tersebut ke kota Fukuoka. Segel emas ini sendiri dipercayakan kepada Museum Nasional Tokyo pada awal Periode Meiji dan ditetapkan sebagai National Treasure pada tahun 1931. Segel emas asli berukuran 2,3 cm persegi sekarang dipamerkan di Museum Fukuoka City. Kemudian lokasi tempat ditemukannya segel emas ini dijadikan sebuah taman.

Seperti Apa Segel Emas Raja Na Tersebut?

Emas dari segel emas ini memiliki kemurnian 95 persen yang sangatlah luar biasa. Segel emas ini terdiri dari dasar persegi, menunjukkan segel itu sendiri yang terletak di bagian bawah. Desain kuno dari segel emas ini juga menampilkan sebuah pegangan yang terletak di bagian atas dasar segel emas, yang menyerupai bentuk ular melingkar, dan beratnya 3,85 ons. Base to handle, segel emas ini sendiri tidak memperpanjang lebih dari satu inchi, namun dimensi dari segel emas yang satu ini sesuai dengan satuan panjang dari standar tradisional China, khas untuk Dinasti Han kemudian.

Lalu, Seperti Apa Kin-In (Golden Block Seal) Park Itu Sendiri?

Taman yang satu ini menghadap langsung ke Yara Cape atau Tanjung Yara di seberang pantai. Taman ini merupakan sebuah taman bersejarah untuk memperingati penemuan segel emas Raja Na. Taman ini memiliki monumen tertulis, “Segel emas raja negara Na, pengikut Dinasti Han, yang ditemukan disini”, di pintu masuknya. Di gerbang dari taman ini merupakan monumen penemuan dari segel emas ini. Didalamnya juga merupakan monumen puitis Guo Moruo dan juga tablet batu yang mewakili peta kuno dari daerah kuno sekitarnya. Guo Moruo sendiri merupakan seorang sejarawan atau penyair yang berasal dari China. Sejarawan atau penyair yang berasal dari China ini memiliki ikatan yang mendalam dengan Fukuoka. Pemandangan romantis yang dapat dilihat dari taman ini tampaknya telah tetap sama selama berabad-abad sejak zaman kuno Himiko.

Selain mengunjungi taman yang satu ini, yang merupakan sebuah taman bersejarah untuk memperingati suatu penemuan bersejarah, Anda juga dapat bersenang-senang selama berada di Pulau Shikanoshima.

Pulau Shikanoshima merupakan sebuah pulau yang indah yang menawarkan kegiatan bersepeda, kemudian snorkeling, menyelam, sekaligus pemandangan-pemandangan yang sangat spektakuler. Pulau Shikanoshima sendiri merupakan sebuah pulau yang terhubung ke daratan Kyushu oleh sebuah jalan yang panjang yang membentang melintasi ludah pasir yang sempit.

Jadi, tunggu apalagi? Segera mulai wisata alam bersejarah Anda di pulau yang satu ini!

Tertarik untuk Mengunjungi Taman yang Satu Ini?

Apabila Anda tertarik untuk mengunjungi taman yang satu ini, Anda dapat mengunjungi langsung taman ini di 865 Shikasima Aza Furuto, Fukuoka Higashi-ku, Perfektur Fukuoka, Jepang.

Adapun cara mengakses taman yang satu ini adalah dengan menggunakan kereta api ataupun dengan menggunakan kapal ferry. Apabila menggunakan kereta api, perjalanan yang dilakukan selama 25 menit dari Hakata ke Stasiun Saitozaki di jalur JR Kagoshima dan Kashii. Layanan ferry juga menghubungkan area Seaside Momochi (Marizon) dan terminal ferry Uminonakamichi Tosenjo. Terdapat juga ferry dari Bayside Place ke terminal ferry Saitozaki Tosenjo.

Demikian informasi mengenai taman Kin-In (Golden Block Seal) Park ini. Yang jelas, menghabiskan waktu untuk bersenang-senang di taman ini ataupun pulau dimana taman ini berada sangatlah sepadan dengan kegiatan perjalanan yang harus dilakukan demi mencapai taman sekaligus pulau ini.  

Semoga informasi mengenai Kin-In atau segel emas raja yang bersejarah yang satu ini dapat bermanfaat untuk Anda dan jangan lupa akses terus jepanginfo.co.id.

Terima kasih!


Lokasi



Japanese Gardens & Parks
open closed : Hours open to visitors: Open 24 hours
fee : Admission Fee: Free
Adress Address: 865 Shikashima Aza Furuto, Fukuoka Higashi-ku, Fukuoka
Phone Phone: 092-431-3003 (Fukuoka H