Odori Avenue Park, Taman Pemisah Utara dan Selatan Kota Sapporo

facebook jepang info twitter jepang info google plus jepang info

Deskripsi

Di Perfektur Hokkaido, Jepang ada sebuah taman unik bernama Odori Avenue Park yang merupakan taman besar pemisah bagian utara dan selatan kota Sapporo.

Taman yang satu ini seolah menjadi pelengkap keindahan juga hal-hal menarik yang terdapat di perfektur ini. Taman ini adalah Odori Avenue Park. Odori Avenue Park merupakan sebuah taman yang sangat besar yang memisahkan kota Sapporo menjadi utara dan selatan.

Seperti apakah Odori Avenue Park tersebut?

Yuk, disimak liputannya yang satu ini!

Odori Avenue Park

Odori Avenue Park merupakan sebuah taman. Taman ini terletak di jantung Sapporo, Hokkaido, Jepang. Odori memiliki arti jalan besar dalam bahasa Indonesia. Taman ini membentang dari timur ke barat melalui Nishi 1 Chome Odori menuju Nishi 12 Chome Odori, membagi kota menjadi utara dan selatan. Taman ini membentang sepanjang 1,5 kilometer dan pada awalnya selama perencanaan kota Sapporo ditetapkan sebagai jalan utama tetapi akhirnya menjadi sebuah taman. Sepanjang tahun, banyak sekali acara atau festival di adakan di taman ini.

Taman ini memiliki kurang lebih 4.700 batang pohon dari 92 jenis, dan ini termasuk lilac juga elm. Warga kota juga wisatawan biasanya bersantai di sekitar air mancur juga rerumputan.

Lalu bagaimana sejarah taman yang sangat luar biasa ini?

Yuk, disimak liputannya yang satu ini!

Sejarah Odori Avenue Park

Pada tahun 1869, terdapat seseorang bernama Shima Yoshitake, seorang hakim yang dikirim oleh pemerintah sebagai sebagai seorang komisaris yang bertanggung jawab untuk mendirikan sebuah kota pusat Hokkaido, datang ke kota Sapporo. Ia bertugas untuk mengembangkan rencana kota yang membagi kota Sapporo menjadi bagian utara juga selatan melalui jalan besar. Dalam rencananya tersebut, bagian utara Sapporo akan dikhususkan untuk untuk pegawai negeri juga perkantoran, sementara bagian selatan akan menjadi sebuah kawasan pemukiman. Dalam rencananya tersebut juga, lokasi jalan pemisah tersebut berbeda dengan lokasi Taman Odoro saat ini.

Setelah pemecatan Shima Yoshitake dikarenakan miss-pemerintah di Hokkaido, Iwamura Michitoshi mengawasi perencanaan kota Sapporo, Hokkaido. Pria ini merombak rencana aslinya pada tahun 1871, kemudian Kabo-sen dibangun di tempat dimana Taman Odori saat ini berdiri. Apa yang dimaksud dengan Kabo-sen? Kabo-sen adalah sekat bakar yang terdiri dari 105 meter dari sebagian besar tanah kosong. Kabo-sen sering mencegah perkembangan api selama periode Meiji.

Pada tahun 1872, jalan Odori diberi nama Shiribeshi Dori. Tetapi nama ini tidak populer. Kemudian diubah lagi menjadi Odori pada Juni 1881.

Lalu, Seperti Apa sih Odori Avenue Park Tersebut?

Taman Odori ini terdiri dari blok-blok. Setiap blok di taman ini memiliki lahan berbentuk persegi panjang yang berjarak 65 meter dari utara menuju selatan, kemudian 110 meter dari timur menuju barat, selain itu juga terbentang dari Nishi 1 chome hingga Nishi 13 chome. Jalan raya juga trotoar dengan panjang empat meter mengelilingi setiap blok. Selain itu orang-orang juga diharuskan untuk menyeberangi zebra cross di antara setiap blok ini. Area blok chome Nishi 1 sedikit lebih kecil dari blok lain di Taman Odori dan blok Nishi 8 juga Nihsi 9 digabungkan menjadi satu.

Lalu ada apa saja di masing-masing blok taman Odori ini?

Yuk, disimak liputannya yang satu ini!

Nishi 1 Chome

Di blok yang satu ini terdapat Sapporo Municipal Subway, Odori Statiun. Kemudian Sapporo TV Tower (pengunjung dapat melihat seluruh pemandangan Taman Odori juga Kota Sapporo dari dek observasi menari ini), Hoheikan (sebuah hotel bergaya Eropa. Belakangan gedung ini dipergunakan sebagai pusat komunitas juga balai pertemuan, kemudian bangunan ini dipindahkan ke Taman Nakajima Sapporo), juga Sapporo Transportation Authority Building. Sayangnya untuk bangunan ini dihancurkan.

Nishi 2 Chome

Di blok yang satu ini, terdapat Sapporo Municipal Subway, Odori Station, Monumen pertukaran telepon pertama di Hokkaido (Monumen ini didirikan pada tahun 1973), volley ball court. Sayangnya untuk volley ball court ini dihapus.

Nishi 3 Chome

Di blok ini terdapat Ekimae-Dori atau jalan antara Nishi 3 chome dan 4 chome, Sappooro Municipal Subway, Odori Station, Monument of Takuboku Ishikawa (didirikan pada tahun 1981 dan diatasnya terukir puisi oleh penyair Jepang terkenal Takuboku Ishikawa), patung dari jenderal Takeshiro Nagayama (didirikan pada bulan November 1909, sayangnya pada tahun 1943, patung ini diambil oleh pemerintah Jepang sebagai sumber daya logam untuk pembuatan senjata juga barang-barang lainnya selama Perang Dunia Dua), juga sebuah gereja. Sayangnya untuk gereja ini dihancurkan setelah restorasi Taman Odori.

Nishi 4 Chome

Di blok ini terdapat Sapporo Municipal Subway, Odori Station, kemudian monumen Yoshi Isamu, juga baseball field. Sayangnya untuk baseball field ini dihapus.

Nishi 5 Chome

Di blok ini terdapat Seion Monument (sebuah obelisk batu yng dibangun pada tahun 1983). Selain itu terdapat athletic field dan tennis court, sayangnya keduanya telah dihapus.

Nishi 6 Chome

Di blok ini terdapat sebuah outdoor stage, kemudian monument of development (monumen ini dibangun pada tahun 1886, pada awalnya ditempatkan di Kairakuen di Sapporo, kemudian dipindahkan ke Taman Odori ini pada tahun 1899), dan juga terdapat tennis court dan basketball court, sayangnya ke duanya telah dihapus.

Nishi 7 Chome

Di blok ini terdapat monument of group return. Kemudian patung dari Kiyotaka Kuroda (telah dipindahkan), juga baseball field yang sayangnya telah dihapus juga.

Nishi 8 Chome

Di blok ini tidak terdapat jalan yang memisahkannya dengan blok Nishi 9 Chome, dengan demikian ke dua blok ini bergabung bersama-sama. Di blok ini terdapat Black Side Mantra (slide bengkok yang dibuat oleh Isamu Noguchi atau seniman Jepang Amerika)

Nishi 9 Chome

Di blok ini terdapat monument Arishima Takeo (Arishima Takeo merupakan seorang novelis, penulis cerita pendek, juga penulis esay Jepang yang ada pada periode Meiji juga Taisho). Selain itu juga terdapat children playing area seperti ayunan, perosotan, juga area bermain air. 

Nishi 10 Chome

Di blok ini terdapat patung Kiyotaka Kuroda (dibuat lagi setelah Perang Dunia Dua). Selain itu juga terdapat patung Horace Capron (Horace Capron merupakan seorang pengusaha juga ahli pertanian Amerika, pria ini juga merupakan penasihat Komisi Pembangunan Hokkaido Jepang).

Nishi 11 Chome

Di blok ini terdapat Sapporo Municipal Subway, kemudian Maibaum (sebuah tiang yang dihiasi dalam tradisi Jerman. Maibaum yang asli rusak kemudian dihapus, kemudian versi renovasi didirikan. Tiang ini memiliki tinggi 25 meter), lalu patung Michitoshi Iwamura. Sayangnya patung yang satu ini sudah dihapuskan.

Nishi 12 Chome

Di blok ini terdapat Sunk Garden, atau taman bunga dengan lebih dari tiga puluh jenis bunga mawar.

Nishi 13 Chome

Sebenarnya Nishi 13 Chome berada di luar Taman Odori, tetapi kemudian dianggap sebagai bagian dari Taman Odori sejak Museum Arsip Kota Sapporo dibangun. Selain itu di blok ini juga terdapat Sapporo City Archive Museum atau Museum Arsip Kota Sapporo.

Itulah ke tiga belas blok dari taman yang satu ini, selain taman ini juga memiliki event-event menarik yang sayang sekali bila dilewatkan.

Event-Event Odori Avenue Park

Musim Semi

Pada musim semi, di taman ini diadakan Festival Lilac. Festival yang satu ini bermula pada tahun 1959. Banyak sekali warga yang menantikan festival yang menandai akhir dari musim dingin serta awal dari musim yang hangat ini seraya menikmati jalan-jalan juga makan di luar. Di Taman Odori yang memiliki kurang lebih empat ratus pohon Lilac ini, diadakan pembagian bibit pohon lilac kepada para pengunjung. Hal ini dilakukan pada hari pertama festival. Kemudian diadakan festival musik lilac, upacara minum teh yang dilakukan di ruangan terbuka, serta kegiatan mengumpulkan cap. Di taman minuman anggur juga disajikan berbagai masakan berbahan lokal, serta minuman anggur yang diproduksi langsung di Hokkaido.

Musim Panas

Pada saat musim panas, diadakan Festival Soran Yosakai juga Beer Garden. Festival Soran Yosakai merupakan ajang menari yang penuh dengan semangat yang diciptakan dengan berdasarkan Festival Yosakoi di Perfektur Kochi dengan menggunakan perkusi naruko serta nyanyian rakayat Hokkaido yaitu Soran Bushi.

Sebenarnya selain festival-festival yang disebutkan sebelumnya, terdapat juga festival-festival lainnya yang diadakan di setiap musimnya, seperti Festival Musim Gugur yang diadakan pada saat musim gugur datang juga Festival Salju tingkat dunia saat musim dingin datang. Seluruh festival ini tentunya sangatlah menarik lagi menyenangkan, sehingga sayang sekali untuk dilewatkan!

Semoga informasi mengenai taman yang satu ini dapat menjadi inspirasi bagi Anda dalam menentukan tempat-tempat menarik yang akan Anda kunjungi dalam kunjungan Anda selanjutnya ke negeri matahari terbit Jepang. Dan jangan lupa ikuti terus informasi menarik mengenai negara Jepang hanya di website terbaik, terlengkap, dan terpercaya, jepanginfo.co.id.

Terima kasih!


Lokasi



Japanese Gardens & Parks
open closed : -
fee : -
Adress Hokkaido, Jepang
Phone -