Berlibur di Kota Serba Ada, Kurume di Jepang

facebook jepang info twitter jepang info google plus jepang info

Deskripsi

Kurume merupakan kota di prefektur Fukuoka di mana wisatawan dapat menemukan berbagai objek mulai dari situs sejarah, keindahan alam, hingga hidangan lezat.

Setiap kota di Jepang memiliki keindahan dengan pesona tersendiri yang selalu menarik untuk dibahas. Tidak hanya Tokyo atau Osaka, ada banyak sekali kota indah lainnya yang di Jepang. Apakah Anda memiliki rencana ke Jepang dan ingin mengunjungi kota lain yang tidak kalah menarik dari Tokyo atau Osaka? Untuk Anda yang sedang mencari informasi atau referensi kota yang menarik di Jepang, www.jepanginfo.co.id adalah sumber yang tepat.

Kali ini kami akan mengajak Anda tour mengelilingi sebuah kota benteng yang ada di Prefektur (provinsi) Fukuoka, yaitu Kota Kurume. Kami akan memberikan informasi lengkap mulai dari sejarah, lokasi, dan berbagai objek menarik yang ada di kota tersebut. Jadi, simak penjelasan di bawah hingga akhir, ya!

Berkunjung ke Kota Kurume

Kota Kurume atau Kurume-shi merupakan sebuah kota yang terletak di bagian barat daya Prefektur Fukuoka. Kota dengan luas 230 kilo meter persegi ini resmi didirikan pada tahun 1889 dan menjadi pusat sosial, budaya, dan ilmiah untuk bagian selatan negara Jepang. Kota ini disebut juga dengan kota benteng karena wilayahnya yang berada di Chikusihi Plain yang dikelilingi oleh pegunungan Minou dan juga sungai Chikogu-gawa.

Kota ini memiliki banyak pesona yang sangat menarik. Anda dapat menemukan banyak pengrajin tekstil yang telah ada sejak abad ke 18, tempat ini juga merupakan tempat mie ramen, kasuri, dan tonkatsu, hingga minuman sake yang terkenal. Selain itu di kota ini juga terdapat banyak kuil atau wihara Buddha. Salah satunya adalah Suiten-gu Shrine yang menjadi tempat untuk berdoa meminta kelancaran "melahirkan mudah."

Anda dapat menemukan banyak taman-taman indah di kota ini yang terjaga dengan baik. Salah satu waktu terbaik mengunjungi kota ini adalah pada saat festival bunga azalea digelar, di mana Anda dapat menikmati kecantikan bunga-bunga azalea yang memesona dan beragam atraksi lainnya.

Keistimewaan Kota Kurume

Kota ini memiliki banyak sekali keistimewaan yang membuat kota ini cukup terkenal. Pertama, kota ini terkenal karena Kurume-gasuri, yaitu kain katun berwarna indigo (nila). Industri tekstil kain katun ini sudah ada sejak abad ke 18 dan telah ditetapkan sebagai Aset Nasional Tak Benda Jepang. Dari industri tekstil kota ini, kain yang dihasilkan telah digunakan untuk membuat pakaian kerja kasual di seluruh wilayah Jepang. Yang menarik, beberapa tempat bahkan masih menggunakan cara tradisional dalam proses produksinya.

Kota ini juga terkenal dengan kerajinan bambu tradisionalnya. Kota ini memang menjadi habitat yang baik untuk bambu yang dimanfaatkan oleh penduduk untuk membuat kerajinan. Berbagai kerajinan yang dibuat dengan bambu ini dipercantik dengan pernis yang dilapisi berulang kali. Beberapa hasil kerajinan dari bambu ini ialah sumpit, kursi, dan peralatan rumah lainnya.

Makanan dan minuman dari kota ini tidak kalah terkenal. Apakah Anda menyukai mie ramen dan tonkatsu? Banyak yang percaya bahwa kedua makanan terkenal Jepang ini berasal dari Kota Kurume. Sehingga tidak heran jika Anda akan dengan sangat mudah menemukan restoran yang menjual dua jenis makanan ini. Rasakan kenikmati ramen dan tonkatsu langsung dari tempat mereka berasal!

Selain makanan, kota ini juga ramai dikunjungi wisatawan untuk merasakan sake khas kota ini yang dibuat dengan air murni Sungai Chikogu. Sake yang dibuat di kota ini berkualitas tinggi dan menjadi daerah konsentrasi kilang sake terbesar ketiga di Jepang. Tertarik untuk mencoba?

Produksi buahnya yang kuat juga membuat kota ini terkenal dan banyak didatangi. Di kota ini ada banyak perkebunan yang memproduksi anggur, stroberi, kesemek, pir, dan buah ara. Bahkan banyak tempat menyediakan fasilitas yang menawarkan pemetikan buah langsung. Tentunya akan sangat menyenangkan bisa merasakan buah-buah segar langsung dari pohonnya.

Berbagai Objek Menarik di Kota Kurume

Kuil-kuil Tua dan Bersejarah

Suiten-gu Shrine merupakan salah satu kuil tua yang ada di kota ini. Kuil ini merupakan kuil yang digunakan penduduk kota untuk menyembah dewa air dan memohon kelancaran dan kemudahan bagi kelahiran. Setiap tahunnya kuil ini selalu ramai dikunjungi oleh penduduk lokal untuk berdua, maupun wisatawan yang tertarik pada kuil dan sejarahnya.

Selain Suiten-gu Shrine, Bairin-ji Temple juga merupakan kuil yang tidak kalah menarik. Kuil indah ini dikelilingi oleh banyak sekali pohon plum yang akan bermekaran dengan indah pada musim semi. Banyak pengunjung yang datang untuk menikmati keindahan dari pohon ini sekaligus melakukan meditasi Zen yang terkenal. Kuil ini sendiri dibangun megah di sebuah bukit yang berada dekat Sungai Chikogu, tepat di belakang Stasiun JR Kurume sehingga kuil satu ini dapat Anda akses dengan sangat mudah.

Kuil lain yang tidak kalah menarik adalah Kora Taisha yang ramai dikunjungi pada pergantian tahun baru. Penduduk setempat ataupun wisatawan akan datang untuk berdoa dan menyampaikan rasa terima aksih pada Dewa Takara di kuil ini. Pada pergantian tahun akan diadakan berbagai acara yang meriah seperti Miimachi Furyu dan Korasan Shishi yang sangat meriah. Selain datang untuk berdoa, banyak orang yang datang untuk menyaksikan acara tahunan ini.

Selain tiga kuil di atas, ada banyak kuil lain yang tidak kalah menarik. Selain kuil di atas, Anda dapat berkunjung ke kuil Naritasan Kurume Bunin, Suitengu, Kuil Senkoji, Nanaki Jizoson, hingga Gokoku Shrine. Semua tempat memiliki keindahan unik yang mempesona.

Taman-taman yang Penuh Keindahan

Kota Kurume dikenal sebagai kota buah dan bunga karena banyaknya lokasi yang dapat Anda datangi untuk melihat keindahan berbagai bunga. Di kota ini ada banyak sekali taman yang dibangun dengan berbagai jenis bunga berbeda. Tidak hanya pada musim tertentu, kota ini memiliki taman yang tersebar di seluruh kota, memungkinkan Anda memanjakan mata dengan melihat keindahan bunga sepanjang tahun.

Tentunya Anda sudah tahu bahwa tempat yang paling pas untuk melihat kecantikan pohon plum adalah di Kuil Bairin-ji. Bagaiamana dengan tempat dan bunga lainnya?

Taman bunga Kurume Camellia adalah taman yang terletak di dekat sungai Chikogu. Di taman ini Anda dapat melihat bunga Sakura tumbuh berjajar di sepanjang sungai. Lalu ad ataman Asai no Ippon Zakura, tempat di mana banyak pohon ceri yang telah berusia tua tumbuh megah di antara bunga-bunga kanola.

bunga kamelia di Taman Kurume Camellia, bunga sakura yang berjajar di sepanjang Sungai Chikugo dan pohon ceri tua yang megah berdiri di antara bunga kanola di tempat yang disebut "Asai no Ippon Zakura". Jika Anda penyuka bunga mawar dan ingin melihat taman dengan mawar di setiap penjuru, Ishibasi Bunka Center adalah taman yang harus Anda kunjungi. Selain itu, Anda juga dapat berkunjung ke Yamamato untuk melihat bunga teratai yang anggun.

Namun, bunga yang sama sekali tidak boleh dilewatkan adalah bunga Azalea yang merupakan bunga kebanggaan yang dipuja penduduk setempat. Kecintaan penduduk pada bunga ini membuat pengunjung dapat menikmati keindahan azalea di seluruh sudut kota. Bunga ini dapat Anda temukan bermekaran mulai dari akhir bulan April sampai dengan pertengahan bulan Mei di seluruh kota. Namun tempat terbaik untuk melihat bunga ini adalah Taman Hutan Tsutsuji Kurume dan Taman Hyakunen Koen yang merupakan taman peringatan 100 tahun kota indah ini.

Berkunjung ke Museum Seni

Di kota indah ini Anda juga dapat menemukan berbagai jenis museum yang memamerkan beragam karya seni hebat. Ditambah dengan kenyataan banyaknya pemuda yang berasal dari kota ini merupakan para seniman hebat seperti Shigeru Aoki dan Harue Koga. Para seniman ini banyak memberikan kontribusi dalam seni, terutama dalam bidang music dan seni pertunjukkan.

Pada tahun 2016 lalu, Museum Seni Kota Kurume dibuka untuk memamerkan berbagai karya seni, terutama hasil karya seni lokal kota ini. Museum ini didirikan di pusat kebudayaan Ishibasi. Di museum ini Anda dapat menemukan pameran lukisan yang berusia 100 tahun dan vide-video seni di ruang-ruang pameran. Juga tersedia tur audio berbahasa Inggris untuk para pengunjung museum ini. Bahkan di kawasan museum seni ini Anda juga dapat menghabiskan waktu bersantai dengan piknik menyenangkan bersama keluarga atau teman Anda.

Kota ini merupakan salah satu kota yang sangat menarik di Jepang, bukan? Dengan berkunjung ke satu kota saja ada banyak sekali hal dan tempat yang dapat di eksplor, sehingga Anda tidak akan kecewa jika berkunjung. Jangan lupa untuk membuat daftar rencana yang matang agar Anda dapat menikmati kota ini sebaik mungkin. Selamat datang di kota Kurume dan selamat berlibur!


Lokasi



Historic Towns
open closed : -
fee : -
Adress Fukuoka, Jepang
Phone -