Festival Musim Panas dan Matahari Terbenam di Akita Area

facebook jepang info twitter jepang info google plus jepang info

Deskripsi

Akita Area merupakan pusat wisata terbaik di prefektur Akita. Anda dapat menikmati berbagai festival, museum seni, dan wisata menarik lainnya disini.

Jepang merupakan negara yang sangat luas dengan 47 prefektur (provinsi) yang dimilikinya. Setiap prefektur di Jepang memiliki keunikan dan keistimewaannya sendiri sehingga siapapun tidak akan puas jika hanya mengunjungi satu kawasan saja. Di bagian utara Jepang yaitu di wilayah Tokoku terdapat sebuah prefektur bernama Akita dengan ibukota bernama sama, Akita-shi (Kota Akita).

Kota Akita berbatasan dengan laut dan pegunungan sekaligus, menjadikan kota ini salah satu tujuan wisata yang sangat diminati wisatawan, bahkan menjadi yang terbaik di prefektur Akita. Mau tau apa saja objek wisata di Kota Akita yang terkenal?

Di Akita area ini Anda dapat menemukan objek wisata mulai dari pemandian air panas, pantai yang indah, pegunungan yang menakjubkan, festival-festival yang meriah, hingga mempelajari sejarah dari berbagai kastil dan candi. Mau tau lebih jauh? Yuk simak pembahasan di bawah ini!

Mengenal Akita Area di Prefektur Akita

Area Akita atau Kota Akita terletak di pertengahan barat dari Prefektur Akita dengan Dewa Pegunungan di timur, serta Laut Jepang di bagian barat. Kota ini sendiri memiliki luas sekitar 906 kilo meter persegi. Dulunya pada saat didirikan pada sekitar abad ke-17 sebagai ibukota Sakate dengan penduduk yang terbilang makmur.

Kemakmuran dan kesejahteraan Akita area terus bertahan hingga saat ini Ketika telah menjadi ibukota Prefektur Akita, mengukuhkan posisinya sebagai salah satu kota penting di wilayah ini. Letaknya yang berada di antara laut dan pegunungan menjadikannya sebagai kota tempat hiburan dengan peringkat pertama di prefektur Akita. Anda dapat melihat matahari terbenam malam yang indah ke Laut Jepang.

Selain menyaksikan matahari terbenam dan pantai-pantai yang indah, kota ini Anda dapat merasakan kehidupan pedesaan yang damai, museum seni berkelas dunia, festival-festival yang meriah, bahkan Anda dapat merasakan kehidupan para samurai dengan mengunjungi desa Kesatria Samurai yang telah dijaga dengan baik.

Rekomendasi Wisata di Akita Area

Festival di Akita Area

Kota Akita sering mengadakan festival musiman setiap tahunnya. Salah satu festival yang sangat terkenal dan wajib untuk dikunjungi adalah Festival Akita Kanto Matsuri yang diadakan setiap musim panas, tepatnya pada tanggal 3 hingga 6 Agustus. Festival ini merupakan satu dari tiga festival paling besar di wilayah Tohoku, Jepang. Selain penduduk setempat, festival ini juga dihadiri oleh banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Festival ini diadakan dengan melakukan parade jalanan di mana penduduk dan wisatawan berbaur bersama menikmati parade.  Dalam festival Akita Kanto Matsuri ini, sashite atau penampil akan melakukan parade di jalanan dengan mengangkat tiang kanto yang memiliki berat sekitar 50 kilogram, dan tiang bambu panjang utama di mana lampion-lampion sebanyak 46 buah digantung. Para sashite pada tingkatan professional bahkan dapat mengangkat hingga 260 tiang kanto dengan menggunakan seluruh bagian tubuh mereka. Mereka menggunakan tangan, dhai, bahu, hingga punggung bagian bawah mereka. Tentunya menyaksikan para sashite ini akan sangat menyenangkan sekaligus mendebarkan. Kemegahan dan kemeriahan festival ini bahkan telah dinobatkan sebagai Properti Rakyat Takbenda Penting Nasional.

Festival musim panas yang tidak kalah menarik lainnya adalah Port Festival Tsuchizaki yang diadakan pada tanggal 20 dan 21 Juli di Tsuchizaki, yaitu wilayah Pelabuhan di Akita Area. Dalam festival ini penduduk setempat akan menghias sekitar 20 mobil dengan meriah. Mobil-mobil ini dihias dengan tokoh-tokoh penting berukuran raksasa untuk kemudian diarak di sepanjang jalan hingga tiba di kuil Shinmeisha, pusat festival berlangsung. Festival ini kemudian dinobatkan sebagai Properti Rakyat Takbenda Penting Nasional pada tahun 1997.

Kita beralih ke musim dingin, di mana akan diadakan Miyoshi Bonten Festival. Festival ini diadakan pada tanggal 17 Januari setiap tahunnya. Dalam festival ini setiap tahunnya ada sekitar 80 patung Bonten yang ditampilkan. Bonten sendiri merupakan patung Brahma yang dihias dengan kain. Festival satu ini merupakan sebuah ritual keagamaan dalam Shinto yang dipercaya penduduk dapat membawa kesuksesan dalam sebuah keluarga. Dalam festival ini, para peserta festival bertarung satu sama lain bahkan saling berdesakan yang dinamakan dengan kenka-bonten. Pusat Festival ini sendiri diadakan di kuil Taiheizan-miyoshi.

Mengunjungi Lokasi Sejarah

Selain mengikuti berbagai festival, Anda juga akan menemukan tempat-tempat bersejarah yang masih dijaga dengan baik. Pertama, di Akita area Anda dapat menemukan Senshu Park yang dapat Anda nikmati sepanjang tahun. Di taman ini dibangun dari reruntuhan Kubota Castle, candi tua dan kuil yang telah berdiri dari periode Edo, bekas tempat tinggal petani kaya pada zaman dahulu, serta blok dari kota tua yang ada di sepanjang taman. Mengunjungi taman ini, Anda akan kembali dengan foto-foto selfie bersama Bungan Sakura dan Azalea serta wawasan lebih luas tentang sejarah.

Bertandang ke Pusat Seni Kota Akita

Pusat seni yang terdapat di Kota Akita tidak kalah menarik dan sangat layak untuk dikunjungi. Pusat Seni Pertunjukan (Neburi-nagashi Hall) merupakan museum yang menyimpan berbagai properti yang berhubungan dengan berbagai kebiasaan dan budaya setempat. Dalam Neburi-agashi Hall ini Anda akan menemukan kanto dari festival Akita Kanto Matsuri, kendaraan hias dengan patung tokoh terkenal dari festival Tsuchizaki Shinmeisha, sampai dengan patung Bonden dari festival Miyoshi Bonden di kuil Taiheizan.

Selain itu, di pusat seni ini juga dipamerkan berbagai karya dari pelukis terkenal Jepang Fujita Tsuguhara atau yang dikenal juga dengan Leonard Foujita. Fujita merupakan pelukis yang lahir di Tokyo namun menetap di Prancis, yang membuat karya dengan perpaduan antara Jepang dan Prancis tradisional. Salah satu karyanya yang dipamerkan adalah lukisannya yang berisi tentang berbagai festival yang diadakan penduduk Akita area serta musim yang berubah dalam setahun. Lukisannya bahkan disebut sebagai lukisan kanvas terbesar di dunia.

Memantau dari Port Tower Selion

Akita Area berada di perbatasan laut di mana Anda dapat bermain di pantai sembari menyaksikan matahari terbenam yang indah. Lokasi yang sangat disukai oleh mereka, para penikmat senja. Salah satu objek wisata dekat pantai yang wajib dikunjungi adalah Port Tower Selion yang berada di Pelabuhan Akita. Ini adalah tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam di barat, bahkan diklaim sebagai tempat melihat matahari terbenam terbaik di Jepang.

Port Tower Selion memiliki ketinggian 143 meter di mana Anda dapat menikmati pemandangan 360 derajat yang mencakup Laut Jepang, Semenanjung Oga, Gunung Chokai, hingga melihat negara Korea dan pulau Hawai dari menara ini. Di menara ini terdapat tiga bagian utama, yaitu Selion, Selion Plaza, dan Selion Rista. Di Lantai pertama Anda dapat menikmati Hata Hata Burger yang terkenal. Selain itu terdapat pasar loak di mana Anda dapat membeli berbagai macam oleh-oleh untuk kerabat di rumah. Atau menikmati waktu memancing bersama penduduk lokal yang ramah, mengambil bagian di tempat yang telah dijadikan tempat memancing selama lebih dari seribu tahun.

Untuk Anda yang baru pertama kali mengunjungi Kota Akita, sepertinya menara ini adalah tujuan pertama yang harus Anda kunjungi. Dari menara ini Anda dapat mengamati Akita area secara keseluruhan. Dari sini buatlah rencana perjalanan yang menyenangkan. Apalagi menara ini dapat Anda kunjungi secara gratis, sangat menarik!

Akita area merupakan tujuan wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Di kota pusat prefektur Aichi ini Anda dapat menemukan berbagai objek wisata menakjubkan. Mulai dari pantai yang indah, pegunungan yang menjulang hebat, festival-festival meriah setiap tahunnya, mempelajari budaya dan sejarah, hingga menikmati berbagai makanan enak.

Oleh karena itu, berkunjung ke kota ini akan sangat baik jika dilakukan dalam beberapa hari.

Jangan lupa untuk memulai perjalanan Anda dari Port Tower Selion untuk mengamati seluruh Kota Akita terlebih dahulu. Selamat berlibur!


Lokasi



Commercial Complexes and tower
open closed : -
fee : -
Adress Akita, Jepang
Phone -