Hakata Riverain, Kompleks Multi Fungsi dengan Bangunan Modern

facebook jepang info twitter jepang info google plus jepang info

Deskripsi

Di Fukuoka, terdapat Hakata Riverain yang sangat menarik dan memiliki bangunan modern yang jalannya bergaya ala Eropa dengan nuansa elegan sekaligus public art.

Meskipun tidak sebesar Tokyo ataupun Osaka, Fukuoka tetap memiliki pesonanya sendiri. Kota ini tetap memiliki pusat-pusatnya sendiri untuk membuat penduduknya menikmati peradaban modern.

Salah satu tempat di Fukuoka yang layak sekali untuk dikunjungi untuk menikmati peradaban modern adalah Hakata Riverain. Kompleks multi-fungsi ini memiliki bangunan modern yang dipenuhi dengan cahaya. Terdapat pilihan tempat untuk dinikmati, mulai dari toko-toko mewah, hotel mewah, dan berbagai macam hal lainnya.

Seperti apakah kompleks multi fungsi yang terkenal ini?

Yuk, disimak ulasannya!

Hakata Riverain

Hakata Riverain yang terletak di Hakata-ku, Perfektur Fukuoka, Jepang,  merupakan sebuah kompleks multi fungsi paling canggih yang terdapat di Fukuoka, dan hal tersebut terjadi hingga saat ini. Kompleks multi fungsi ini dibuka pada bulan April tahun 1999. Bangunan modern yang terdapat di kompleks multi fungsi ini dipenuhi oleh cahaya yang berkilauan yang pada umumnya melambangkan modernitas. Bangunan modern ini juga terdiri dari toko-toko mewah, kemudian tempat makan dan budaya, kantor-kantor hingga hotel-hotel mewah.

Di luar dari bangunan modern, terdapat jalan raya dengan gaya Eropa yang bernuansa elegan, menyapu ke tepi Sungai Naka yang berdekatan dan daerah Kawabata yang sangat menawan di dekatnya.

Konsep pengembangan dari kompleksi multi fungsi ini adalah penciptaan kenyamanan. Kompleks multi fungsi ini menciptakan atraksi-atraksi baru yang tidak dapat ditemukan di Tenjin ataupun di Stasiun Hakata. Konsep rileks dalam kompleks multi fungsi ini memadukan fasilitas budaya dengan ruang yang sangat nyaman. Konsep ini dibuat dari ruang terbuka yang juga memanfaatkan tepian Sungai Hakata. Di tempat ini Anda tidak hanya dapat menikmati konsumsi yang bersifat tradisional, Anda juga dapat menikmati waktu untuk kenyamanan Anda sekaligus penciptaan budaya yang lahir darinya.

Kompleks multi fungsi ini juga dibangun cukup lama sekali, melibatkan dua kawasan yang sejak masa kuno dikenal sebagai tempat kelahiran bagi para pedagang Hakata. Sejarah kompleks multi fungsi ini akan semakin menguatkan perjalanan panjang dari kompleks multi fungsi ini.

Sejarah Hakata Riverain

Kota Fukuoka merupakan sebuah kota kecil. Kota kecil ini berkembang dengan cara bersaing dengan dua kota dengan karakteristik yang berbeda. Dua kota tersebut adalah Samurai Town atau Fukuoka kemudian Merchant Town atau Hakata. Namun, Hakata mengalami stagnansi apabila dibandingkan dengan perkembangan dari kota Fukuoka.

Distrik Shimokawabata dan distrik timur Shimokawabata yang terdapat di daerah Hakata telah memainkan peran sentral. Peran sentral ini dalam perdagangan dan hal ini terjadi sejak zaman kuno. Ke dua tempat tersebut juga menjadi tempat kelahiran bagi para pedagang Hakata. Namun dari sekitar tahun 1965, distrik Tenjin juga distrik Stasiun Hakata memiliki fungsi komersial sekaligus bisnis. Dalam hal penggunaan lahan, rumah yang terdapat di daerah Shimokawabata dan distrik timur Shimokawabata telah mengalami kerusakan yang signifikan. Namun dikarenakan struktur Nagaya pada abad ke enam belas sekaligus bentuk lahan pemukiman yang berbentuk seperti strip, sulit sekali daerah ini untuk berkembang secara individu. Namun kawasan tersebut pada akhirnya juga berkembang.

Pada tahun 1972, kota Fukuoka merumuskan rencana dasar pembangunan. Rencana dasar pembangunan kembali ini dengan enam blok dan hal ini termasuk wilayah sekitar ke dua distrik dari Shimokawabata. Dari jumlah yang ada tersebut, di daerah Shimokawabata, pada bulan Desember 1995 pembangunan fasilitas dimulai. Konstruksi pun akhirnya selesai pada bulan Desember 1998. Di distrik timur Shimokawabata, pada bulan Juni 1996, pembangunan fasilitas sekaligus bangunan juga dimulai. Konstruksi pun selesai pada bulan Februari tahun 1999.

Proyek pembangunan kembali yang terdapat di ke dua distrik Shimokawabata disatukan dengan nama Hakata Riverain. Hakata Riverain merupakan fasilitas kompleks yang sangatlah menarik. Fasilitas kompleks ini mengintegrasikan fungsi komersial, kemudian informasi dan budaya, juga menciptakan ruang kota yang sangat nyaman. Selain itu, seni publik yang juga terintegrasi dengan arsitektur tergabung dimana-mana, hal ini menjadikannya fasilitas dimana pengunjungnya dapat mengalami berbagai jenis budaya dalam satu waktu.

Bagaimana? Pembangunan kompleks multi fungsi ini yang memiliki akar sejarah dari dua distrik yang merupakan tempat kelahiran pedagang Hakata tentunya semakin menguatkan posisi kompleks multi fungsi ini, bukan?

Lalu, tempat-tempat apa saja yang layak sekali untuk dikunjungi dari tempat ini? Yuk, disimak liputannya!

Hakata Riverain Mall

Mall yang satu ini merupakan salah satu atraksi utama Hakata Riverain. Terdapat lebih dari tujuh puluh toko yang mewakili nama-nama desainer terbaik di dunia dan hal ini menjadikan pusat perbelanjaan yang memiliki tujuh lantai ini sebagai tempat surga belanja bagi siapapun yang senang melakukannya.

Fukuoka Asian Art Museum

Di lantai kompleks ini terdapat Fukuoka Asian Art Museum. Fukuoka Asian Art Museum merupakan museum berskala penuh pertama yang ada di dunia yang mengkhususkan diri pada seni Asia modern sekaligus kontemporer. Sering sekali diadakan pameran karya-karya dari koleksi museum ini yang tentunya sangat mengesankan, dan karya-karya yang dipinjam berasal dari koleksi-koleksi terbaik di seluruh dunia. Selain itu juga terdapat kegiatan-kegiatan seni lain dan hal ini termasuk lokakarya seni, kuliah, pemutaran film, hingga pertunjukan, kolaborasi dengan para seniman lokal dan sebagainya, semua hal ini menjadikan museum seni ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga sangatlah mendidik.

Hakata-Za Theater

Untuk Anda yang menyukai teater, kompleks multi fungsi ini juga menyediakannya. Terdapat Hakata-Za Theater yang memiliki kapasitas 1.500 orang. Teater ini memiliki eksterior yang ramping dengan akses dua lentera berukuran raksasa Jepang. Teater yang satu ini memadukan ultra modern dengan tradisional, dengan suara sekaligus pencahayaan yang terbaru, kemudian panggung berputar, lubang-lubang orkestra tradisional dan Hanamichi yang sangatlah penting, atau jalan-jalan yang terbuat dari kayu yang posisinya ditinggikan untuk sebuah pertunjukan kabuki. Pada musim semi di setiap tahunnya, seluruh mata tertuju pada teater tersebut, tepatnya pada saat aktor top kabuki Jepang masuk dari prosesi perahu kanal yang rumit yang terdapat di sepanjang Sungai Naka.

Ada banyak sekali tempat-tempat yang layak sekali untuk dikunjungi di komplek multi fungsi ini, namun nampaknya tiga tempat utama yang telah dipaparkan sebelumnya sama sekali tidak boleh dilewatkan.

Selain itu juga, kompleks multi fungsi ini juga memiliki Public Art.

Public Art Hakata Riverain

Kompleks multi-fungsi ini juga memiliki Public Art yang layak sekali untuk dikunjungi. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Asia Garden

Asia Garden merupakan tempat berkumpulnya orang-orang sekaligus budaya Asia. Mengunjungi Asia Garden ini dapat dikatakan merupakan jalan intelektual untuk orang dewasa sekaligus labirin serba guna yang cocok sekali untuk anak-anak.

Pilar adalah Pilar

Karya ini dibangun di sudut Sungai Hakata di Gedung Riverain Center. Terakota dengan empat warna merupakan pilar besar. Pilar besar ini merupakan pilar besar yang menggabungkan gaya-gaya pilar yang telah diturunkan dari zaman kuno di berbagai belahan yang ada di dunia. Pilar yang digunakan pun bermacam-macam, seperti bergaya Corinthian, kemudian Bizantium, hingga Dorian dan Jepang. Karya ini merupakan karya dengan skala besar yang tidak hanya dari segi ukuran tetapi juga dari segi konten.

Riverside Boogie – Woogie

Sungai Hakata sekaligus Sungai Nakasu digambar dengan menggunakan ubin berwarna-warni di lantai dari Festa Square ini. Motif dari sungai inilah yang menjadi cikal bakal dari nama Riverain, sekaligus dengan dipasangnya sebuah karya dengan menggunakan konsep yang sama di Gedung Hakataza atau Nishigin, merupakan sebuah karya yang secara konseptual menghubungkan seluruh bagian Sungai Hakata. Pola yang digambar adalah karya yang membuat Festa Square terlihat cantik dengan mengembangkannya secara teratur untuk membuat pengunjungnya dapat merasakan ritme.

Selain public art seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, masih terdapat public-public art lain yang layak sekali untuk dinikmati oleh Anda, seperti Chijibashi, Ruiyun, kemudian Playtime, Bintang Timur, dan masih banyak lagi.

Mengunjungi kompleks multi fungsi ini dapat membuat Anda tidak hanya dapat menikmati bangunan-bangunan modern yang juga dapat memenuhi seluruh kebutuhan Anda, tetapi juga dapat menikmati budaya lain seperti jalanan yang bergaya Eropa dengan nuansanya yang elegan. Anda juga dapat menikmati beraneka pertunjukan teater di waktu-waktu tertentu, pergi ke pusat perbelanjaan, hingga menikmati beraneka ragam seni dan pameran.

Semua hanya dapat Anda lakukan di kompleks multi fungsi yang satu ini!

Jadi, tertarik untuk mengunjungi kompleks multi fungsi yang satu ini?

Apabila Anda Tertarik....

Apabila Anda tertarik untuk mengunjungi kompleks multi fungsi yang satu ini, Anda dapat mengunjunginya di 3-1 Simokawabata-machi, Hakata-ku, Perfektur Fukuoka, Jepang.

Demikian informasi mengenai Hakata Riverain ini. Semoga informasi mengenai kompleks multi fungsi  yang satu ini dapat membuat menambah wawasan Anda mengenai tempat-tempat menarik di wilayah Fukuoka dan jangan lupa juga akses terus website jepanginfo.co.id!

Terima kasih!


Lokasi



Places for Shopping
open closed : -
fee : -
Adress Fukuoka, Jepang
Phone -