Transportasi

Air

International Flights

Penerbangan internasional Jepang sebagian besar ditangani oleh Bandara Internasional Narita yang dulunya disebut sebagai Bandara Internasional New Tokyo hingga tahun 2004. Kemudian pada tahun 2010, Bandara Haneda juga membuka penerbangan internasional. Jika kedua bandara tersebut digabungkan maka Jepang akan memiliki sistem bandara terbesar ke-3 di dunia setelah New York City dan London.

Narita Airport

Bandara Internasional Narita (??????) juga dikenal dengan Bandara Narita Tokyo, sebelumnya dan awalnya dikenal sebagai Bandara Internasional New Tokyo, adalah bandara internasional utama yang melayani Tokyo dan Sekitarnya di Jepang. Terletak 57.5 km (35,7 mil) timur dari Stasiun Tokyo dan 7 km (4,3 mil) timur-tenggara dari Narita Station [3] di kota Narita di Chiba dan kota berdekatan Shibayama. Narita menangani sebagian besar lalu lintas udara internasional ke dan dari Tokyo Jepang, dan juga merupakan titik penghubung utama bagi lalu lintas udara antara Asia dan Amerika. Merupakan bandara yang paling sibuk di Jepang, dan merupakan bandara tersibuk ke-10 di dunia.

Kansai Airport

Bandara Internasional Kansai (???????Kansai Kokusai Kuukou) adalah sebuah bandara internasional yang terletak di sebuah pulau buatan di tengah-tengah Teluk Osaka sekitar 38 km (24 mil) di barat daya stasiun Osaka. Terletak di tengah-tengah 3 kota yaitu Izumisano (di sebelah utara), Sennan (selatan), dan Tajiri (di tengah) di prefektur Osaka, Jepang. Bandara ini berada di lepas pantai Honshu dan dirancan oleh arsitek Italia bernama Renzo Piano. Bandara ini melayani seluruh penerbangan internasional untuk All Nippon Airways, Japan Airlines, dan Nippon Cargo Airlines, merupakan maskapai penerbangan murah pertama di Jepang. Sehari-hari, bandara ini dalam bahasa Jepang sering disebut Kanku (??). Bandara Kansai dibuka pada tanggal 4 September 1994 untuk meringankan kepadatan di Bandara Internasional Osaka.

Domestic Flights

Jepang memiliki sekitar 90 bandara yang mampu melayani perjalanan udara ke berbagai rute yang ingin anda tuju. Dengan jumlah yang sedemikian banyak tentu saja mampu menciptakan penerbangan domestik maupun internasional yang nyaman. Penerbangan domestik di Jepang biasanya digunakan oleh orang-orang yang melakukan perjalanan jarak jauh untuk menghemat waktu. Beberapa perusahaan penerbangan yang melayani penerbangan domestik meliputi JAL, ANA, Skymark, Air Do, Skynet Asia Airways, IBEX Airlines, Starflyer. Sedangkan bendara domestik utama di Jepang adalah Bandara Haneda, Narita, Bandara Osaka Kansai, dan beberapa bandara lainnya.

Discount Air Tickets

Bagi Anda yang berkunjung ke Jepang tentunya mengharapkan penerbangan domestic di Negara maju tersebut dapat digunakan dengan harga yang terjangkau bukan. Terutama bagi anda yang sedang melakukan perjalanan wisata. Dan pemerintah Jepang sangat menyadari hal tersebut sehingga memberi insentif kepada setiap pengunjung dari luar negeri, beberapa maskapainya memberikan diskon khusus. Saat ini, banyak diskon tiket pesawat yang ditawarkan baik kepada penduduk asli Jepang maupun kepada para wisatawan.

Rail

Railways

Berbicara tentang angkutan umum di Jepang, kereta api seolah tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari orang Jepang. Bisa dibilang kereta api merupakan alat transportasi utama negara matahari tersebut. Dimana angkutan ini mempunyai peran penting sebagai penghubung antara kota-kota besar di Jepang seperti Tokyo, Osaka dan lainnya. Perusahaan kereta api regional Jepang atau yang sering disebut Japan Rail Ways mengcover sebagian besar kota maupun desa di Jepang. Namun selain itu ada juga beberapa perusahaan kereta api swasta, perusahaan kereta api yang dimiliki pemerintah daerah, maupun perusahaan kereta yang dimiliki pemerintah daerah bersama dengan swasta.

Shinkansen

Pulau-pulau utama Jepang Honshu dan Kyushu dilayani oleh jaringan kereta api berkecepatan tinggi yang menghubungkan Tokyo dengan sebagian besar kota-kota besar di negara itu. Kereta api berkecepatan tinggi Jepang (kereta peluru) disebut shinkansen (? ??) dan dioperasikan oleh Japan Railways (JR). Kecepatan kereta tersebut adalah 320km/jam, sehingga Shinkansen sangat terkenal dengan ketepatan waktunya, kenyamanan, dan keselamatan penumpangnya. Jaringan Shinkansen sendiri terdiri dari beberapa jalur, diantaranya adalah Shinkansen Tokaido (merupakan jalur tertua dan paling populer. Semua jalur shinkansen (kecuali Akita dan Yamagata Shinkansen) berjalan di trek yang secara eksklusif dibangun untuk digunakan oleh kereta shinkansen.

Night Trains

Semua kereta malam dioperasikan oleh Japan Railways (JR). Karena bersaing dengan bus malam menjadi lebih murah dengan tarif domestik yang rendah, jumlah kereta malam di Jepang telah menurun secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir. Kebanyakan kereta malam Jepang dilengkapi dengan tempat berlabuh dan juga kompartemen pribadi. Semua kereta malam dilengkapi dengan toilet dan wastafel, dan bahkan memiliki telepon umum, kamar mandi, restoran dan lounge atau lobi mobil.

Taking trains

Kereta api merupakan alat transportasi yang umum dipakai di Jepang terutama ketika melakukan perjalanan jauh. Alasan mengapa orang Jepang sangat konsisten menggunakan kereta api karena alas an ketepatan waktunya. Setelah memiliki tiket, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika menggunaka kereta, tunggulah penumpang di dalam kereta turun dulu baru kemudian anda bisa naik. Pastikan anda tidak menghalangi pintu kereta. Terutama ketika penumpang kereta sedang penuh sesak, simpanlah ransel atau barang bawaan anda di bawah tempat duduk atau di bagasi yang telah disediakan. Menelpon di dalam kereta dilarang kecuali di depan pintu masuk, namun browsing dengan ponsel, bermain game atau mengirim email dengan ponsel masih diperbolehkan. Pengumuman di dalam kereta api di Jepang biasanya menggunakan bahasa Jepang, tapi beberapa shinkansen kini telah menyiapkan pengumuman berbahasa Inggris selain bahasa Jepang.

Timetables

Jepang memiliki jaringan kereta api yang luas dan efisien. Namun tanpa pengetahuan yang mendalam tentang sistem, kompleksitas dapat membuat sulit untuk mengetahui rute yang efisien. untuk itu sebagian besar perusahaan transportasi di Jepang terutama kereta api mempublikasikan jadwal keberangkatan mereka secara online, beberapa menawarkan informasi dalam bahasa Inggris. Jadi, bagi anda yang belum begitu menguasai bahasa Jepang, tidak akan kesulitan mengetahui jadwal kereta.

Guide to Train Tickets

Berikut ini adalah daftar berbagai tiket kereta api yang tersedia di Jepang antara lain: Tiket kereta reguler, kartu IC merupakan kartu prabayar yang dapat digunakan untuk membayar tarif kereta maupun bus, Rail Passes, merupakan kartu tiket kereta api yang dapat digunakan secara tak terbatas oleh pemegangnya untuk kereta api yang ditunjuk. City passes, adalah tiket perjalanan kota yang khusus untuk kereta api bawah tanah. Selain jenis kereta tersebut ada juga tiket kereta yang tergabung di dalam Paket Tour, dimana tiket kereta api ini digabungkan dengan paket perjalanan wisata. Jika pembelian tiket dilakukan dalam jumlah besar biasanya perusahaan kereta api memberikan diskon.

Japan Rail Pass

Japan Rail Pass (yang biasa disebut JR Pass) merupakan fasilitas transportasi jarak jauh di Jepang. Fasilitas ini juga dapat digunakan oleh wisatawan asing saja di Jepang. Japan Rail Pass dapat digunakan secara tak terbatas selama satu sampai dengan 3 minggu di Jepang namun dengan biaya yang tentu saja tidak murah. Kartu Japan Rail Pass harus dibeli sebelum anda tiba di Jepang. Pass ini mempunyai dua tipe yaitu Ordinary dan Green car. Green car merupakan fasilitas kereta dengan kelas pertama, dengan luas yang lebih luas daripada mobil biasa.

Bus

Highway Bus

Bus Jalan Raya (Bus Kosoku) merupakan alternatif kereta untuk perjalan jauh dan menengah di Jepang. Untuk jarak yang lebih jauh, banyak bus jalan raya yang menawarkan perjalanan dalam satu malam. Karena bus cenderung lebih lambat daripada kereta, harganyapun jauh lebih murah. Terutama pada rute kompetitif, karena terdapat diskon, harganya bisa turun ke titik terendah. Jepang ditutupi oleh jaringan bus baik siang maupun malam harinya. Setiap prefektur dan kota besar dilayani oleh setidaknya 1 perusahaan bus, pada beberapa jalur bus yang populer, banyak perusahaan yang bersaing satu sama lain saling bersaing. Sementara untuk jalaur lain, mereka lebih memilih bekerjasama daripada bersaing.

Bus

Di Tokyo, Osaka, dan beberapa kota besar lainnya, bus berfungsi sebagai sarana transportasi umum sekunder, melengkapi jaringan kereta api dan kereta bawah tanah. Di kota-kota dengan jaringan kereta kurang padat seperti Kyoto, bus adalah sarana utama transportasi umum. Bus juga melayani kota-kota kecil, pedesaan dan taman nasional. Kota-kota besar yang, lebih jauh lagi, dihubungkan oleh jalan raya dan bus jarak jauh.

Other

Domestic Ferries

Karena terdiri dari beberapa ribu pulau, Jepang secara alami merupakan rumah bagi jaringan luas rute feri. Empat pulau utama Jepang (Honshu, Hokkaido, Kyushu dan Shikoku) yang terhubung satu sama lain dengan jembatan dan terowongan, tetapi banyak pulau-pulau kecil hanya dapat dicapai dengan kapal kecil. Tetapi bahkan di antara pulau utama, feri bisa menjadi menarik, jika tidak alternatif sangat cepat untuk kereta api, bus dan pesawat. Kebanyakan feri mengangkut orang, kendaraan dan kargo. Sementara rute yang lebih pendek dilayani oleh kapal-kapal kecil, yang mampu membawa beberapa mobil dan beberapa puluh penumpang saja, liners besar dipekerjakan pada rute lagi. Feri besar dapat membawa ratusan kendaraan dan penumpang dan biasanya dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti pemandian umum dan restoran. Beberapa datang dekat untuk menjadi liners mewah.

Car Rental

Menyewa mobil adalah pilihan yang layak dipertimbangkan jika Anda berencana untuk menjelajahi pedesaan Jepang di mana angkutan umum dapat menjadi nyaman dan jarang. Sebuah mobil sewaan juga bisa menjadi alternatif ekonomis ketika bepergian dalam kelompok atau dapat membuat bepergian dengan banyak bagasi lebih mudah. Di sisi lain, mobil biasanya tidak diperlukan atau bahkan memberatkan untuk menjelajahi kota-kota besar di Jepang, di mana tidak dianjurkan. Lalu lintas di kota-kota besar cenderung berat, orientasi sulit, dan parkir nyaman dan mahal. Transportasi umum, seperti kereta api, kereta bawah tanah, bus dan taksi umumnya pilihan yang lebih baik di daerah metropolitan.

Bicycles

Sepeda banyak digunakan oleh orang-orang dari semua kelompok usia dan klasemen sosial. Anda akan dengan mudah menemukan banyak sepeda yang tersedia di banyak tujuan wisata sebagai sarana alternatif untuk bisa menjelajahi daerah sekitar dengan gampang. Jenis sepeda yang banyak disewakan di tempat-tempat penyewaan sepeda di Jepang adalah sepeda yang biasa digunakan sehari-hari yang disebut "Mamachari" yang berarti " Sepeda ibu-ibu". Sepeda ini biasanya dilengkapi dengan keranjang dan/kursi anak, kunci sederhana, dan hanya mempunyai satu gigi. Dengan model yang lebih canggih, kini sepeda tersebut banyak yang diperkaya dengan mesin pendorong. Hanya saja, sepeda gunung dan sepeda balap sangat jarang disediakan di tempat penyewaan sepeda, dan jumlahnya kalah jauh dari Mamachari yang murah.

Taxi

Bagi para wisatawan yang datang ke kota-kota besar di Jepang, angkutan umum taksi adalah alternatif yang mahal dan tidak efisien. Namun, taksi adalah salah satu alternatif untuk sampai ke tempat tujuan setelah kereta dan bus malam selesai beroperasi sekitar tengah malam, mengakibatkan banyak permintaan akan taksi meningkat, terutama pada hari jumat dan sabtu malam ketika garis antrian di halte bus atau stasiun kereta api menjadi begitu panjang. Di kota-kota kecil, pedesaan, dan di Kyoto, angkutan umum cenderung kurang nyaman, naik taksi dari stasiun untuk mencapai tempat tujuan dapat menjadi alternatif yang baik. Jika anda bepergian dalam kelompok 3 orang atau lebih, taksi juga bisa menjadi pilihan yang ekonomis.

Highways

Transportasi di Jepang sangat terkenal akan ketepatan waktu, bersih dan halus. Namun ada pengeculaian, jika anda mengemudi ketika musim liburan, anda bahkan akan bisa menjumpai kemacetan mencapai 50km, tapi di luar itu, Anda akan bisa menemukan betapa menyenangkannya berkendara di jalan raya di Jepang. Berkendara di beberapa jalan utama, Anda akan mendapatkan tampilan yang berbeda dari Jepang daripada apa yang sering anda lihat di kereta api. Sambil berkendara, Anda juga dapat melihat beberapa pemandangan pegunungan yang indah, matahari terbenam di belakang pepohonan yang penuh dengan nuansa hijau.