Akomodasi

Ryokan

Ryokan (??) adalah jenis penginapan yang berasal dari Jepang pada zaman Edo (1603-1868), pada masa itu penginapan seperti ini disajikan kepada para wisatawan di sepanjang jalan raya di Jepang. Biasanya ryokan ini memiliki fitur ruangan beralaskan tatami, pemandian umum dan area umum lainnya dimana pengunjung dapat mengenakan yukata dan mengobrol dengan si pemilik ryokan tersebut. Kini, ryokan ini sangat sulit untuk ditemukan di Tokyo dan di kota-kota besar lainnya, karena harganya yang mahal bahkan melebihi hotel. Orang Jepang sendiri jika disuruh memilih, akan lebih memilih hotel untuk wisata perkotaan. Meskipun demikian, beberapa kota besar yang telah terjangkau ryokan, biasanya menawarkan harga sekitar $40 untuk biaya menginap 1 malam. Namun, pada umumnya ryokan terdapat di daerah yang indah seperti pegunungan dan laut, dan dalam beberapa tahun terakhir banyak ryokan yang dipugar dengan gaya asli mereka terutama yang berada di kawasan Hoshino Resort. Ryokan pertama kali dibuka di Karuizawa pada tahun 1914.

Minshuku

Minshuku (??) adalah penginapan yang dikelola oleh sebuah keluarga. Dengan tempat tidur dan sarapan ala Jepang. Mereka menawarkan pengunjung kesempatan yang baik untuk bertemu keluarga lokal dan pengalaman gaya hidup tradisional Jepang. Minshuku biasanya terletak di sekitar kawasan wisata seperti air panas, resor ski dan di gunung. Mereka juga sering ditemukan di kota-kota pedesaan kecil dan kota-kota atau laut. sebuah tempat yang populer bagi wisatawan untuk mengalami minshuku adalah sekitar Shirakawa-go dan Gokayama di mana pengunjung dapat tinggal di rumah-rumah pertanian tradisional bersejarah. Tarif khas untuk minshuku berkisar antara 5.000 dan 10.000 yen per orang permalam, termasuk makan malam dan sarapan. Beberapa minshuku hanya menyediakan sarapan atau tidak ada makanan sama sekali. Minshuku cenderung kecil dengan hanya beberapa kamar tamu. Fasilitas di dalam kamar cenderung dasar dan biasanya mencakup televisi kecil, sebuah meja kecil, pemanas, satu set teh dan handuk. Beberapa minshuku tua mungkin tidak memiliki kunci pintu kamar. Kamar mandi dan toilet biasanya bersama dengan tamu lain. Makan malam dan sarapan, biasanya disajikan di ruang makan bersama.

Business Hotels

Hotel bisnis dapat ditemukan dengan mudah di seluruh Jepang, dengan gaya yang ekonomis tanpa embel-embel akomodasi untuk wisatawan. Biaya yang diperlukan untuk menginap di bisnis hotel adalah sekitar 5.000 sampai dengan 10.000 Yen permalam untuk satu kamarnya. Banyak juga hotel bisnis yang memiliki kamar twin dengan harga sekitar 7.000 hingga 12.000 Yen permalamnya. Meskipun kamar yang disediakan relatif kecil, namun mereka biasanya bersih dan rapi serta dilengkapi dengan kamar mandi. Fasilitas-fasilitas pokok seperti sabun, sampo, sikat gigi dan pasta gigi, pisau cukur, cotton buds, topi mandi dan handuk biasanya disediakan. Sebagian besar kamar juga dilengkapi dengan televisi, AC, telepon, pengering rambut, kulkas kosong dan ketel air dengan kantong teh hijau gratis.

Vacation Rentals

Vacation Rentals, adalah penginapan berupa rumah atau apartement berfasilitas lengkap yang bisa disewa oleh wisatawan untuk sementara atau bahkan hanya satu malam. Ini termasuk berbagai properti seperti apartemen modern di jantung kota Shinjuku sampai dengan rumah-rumah tradisional. Vacation rentals ini banyak terdapat di Tokyo, Kyoto dan Niseko. Properti sewaan ini sangat cocok bagi anda yang sedang berlibur dengan skala kelompok yang lebih besar ataupun bersama keluarga. Selain fasilitas yang ditemukan di hotel, seperti tempat tidur, kamar mandi dan toilet, biasanya Vacation rentals juga dilengkapi dengan dapur, mesin cuci, dan ruang tamu. Bahkan banyak juga yang menyediakan perabotan rumah tangga dasar seperti peralatan masak, piring, rempah-rempah, sabun, dan kadang-kadang sepeda. Berbeda dengan hotel, jika anda menginap di Vacation Rentals anda harus mengurus segala keperluan anda sendiri termasuk membuang sampah.

Hostels

Hostel adalah penginapan yang hanya menyediakan kamar kosong, biasanya ditujukan kepada wisatawan dengan anggaran yang terbatas. Hostel biasanya memiliki kamar tidur dengan fasilitas yang digunakan bersama dengan pengunjung lain dengan biaya yang rendah. Hostel adalah tempat yang sering digunakan untuk dapat berinteraksi dengan wisatawan lain, karena setiap kegiatan dilakukan bersama di fasilitas umum. Hostel dapat anda temukan bahkan hampir di seluruh Jepang baik di perkotaan maupun pedesaan, bahkan ada pula yang bertaraf internasional. Biaya yang diperlukan untuk menginap di hostel biasanya mencakup 2.000 sampai dengan 4.500 Yen perorang permalam. Penampilan kamar hostel berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya, namun umumnya tempat tidur hostel adalah tempat tidur yang bertingkat yanng bisa menampung 4-8 orang dalam satu kamar dan dipisahkan berdasarkan gender. Beberapa hostel ada juga yang menawarkan kamar pribadi, tapi tentusaja dengan biaya yang lebih mahal.

Capsule Hotels

Hotel Kapsul (???????) adalah salah satu penginapan unik yang paling dikenal di Jepang. Hotel ini biasanya ditemukan di sekitar stasiun kereta api utama di kota-kota besar dan ditargetkan kepada individu dengan anggaran menginap yang rendah. Biaya untuk menginap di Hotel Kapsul biasanya berkisar antara 3000 sampai dengan 4000 Yen permalam. Baru-baru ini beberapa Kapsul Hotel bertema telah dibuka di sekitar Tokyo, Kyoto dan Osaka dengan harga yang sedikit lebih tinggi. Kapsul hotel tradisional kebanyakan diperuntukan bagi orang bisnis, kini banyak juga kapsul hotel yang menerima tamu perempuan dengan penawaran tempat tidur yang terpisah dengan laki-laki, atau bangunan terpisah untuk gender yang berbeda. Hotel kapsul juga populer di kalangan wisatawan asing, dan semakin banyak website berbahasa Inggris yang digunakan untuk menawarkan Kapsul Hotel tersebut.